Syarat Beasiswa LPDP S1 yang Harus Diperhatikan Sebelum Mendaftarkan Diri

  • Whatsapp

Pemburu beasiswa pasti tidak asing dengan beasiswa LPDP. Beasiswa LPDP ini adalah program yang diselenggarakan pemerintah Indonesia melewati Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Tentu saja ada syarat beasiswa LPDP S1 sendiri. Tujuan program beasiswa ini adalah untuk mencetak sumber daya manusia yang profesional, lebih saintis, dan memiliki jiwa pemimpin.

Beasiswa ini berlaku bagi siapa saja dengan cara mendaftar dan memenuhi syarat beasiswa LPDP S1. Dalam Beasiswa LPDP sendiri program yang ditawarkan mulai dari beasiswa S1 hingga Doktoral atau S3. Jadi ada beasiswa reguler, disertasi, dokter spesialis, afarmasi, beasiswa unggulan dosen Indonesia, dan terakhir ada program Co-Funding.

Syarat Mendaftarkan Diri Beasiswa LPDP

Bagi yang ingin mengikuti program beasiswa S1, caranya mudah kok. Daftarkan diri dengan membawa syarat beasiswa LPDP S1 tanpa ada yang terlupa. Ada beberapa syarat umum yang perlu diperhatikan.

1. Kewarganegaraan

Calon peserta harus seorang Warga Negara Indonesia. Hal ini karena beasiswa LPDP adalah program dari Pemerintah Indonesia untuk mencetak SDM berkualitas. Sehingga bisa turut memajukan bangsa.

2. Lulus di Jenjang Sebelumnya

Untuk bisa meneruskan jenjang pendidikan lebih tinggi dengan program beasiswa LPDP, tentu syarat utamanya harus lulus pada jenjang pendidikan sebelumnya. Bukti kelulusan harus dilampirkan seperti ijazah dan transkrip nilai.

3 . Surat Keterangan Sehat

Surat ini isinya keterangan dari dokter yang praktek pada sebuah Rumah Sakit pemerintah. Dimana menyatakan calon peserta beasiswa punya badan yang sehat serta bebas dari pengaruh narkoba. Juga keterangan tidak mengidap TBC yang masa berlakunya maksimal 6 bulan.

4 . Rekomendasi

Untuk bisa ikut program beasiswa LPDP, peserta juga membutuhkan rekomendasi. Bagi yang bukan pekerja surat didapat dari salah satu tokoh masyarakat. Lain dengan yang sudah bekerja, maka membutuhkan rekomendasi dari pimpinan masing-masing.

5 . Surat Izin

Khusus yang statusnya sudah sebagai seorang PNS, TNI, atau POLRI maka harus melampirkan surat perizinan dari instansi masing-masing dengan meminta pada bagian SDM. Surat izin tersebut isinya pihak dari instansi yang bersangkutan mengijinkan calon peserta beasiswa untuk bisa mengikuti program beasiswa LPDP.

6 . Tanda Tangan Pada Beberapa Surat Pernyataan

Di sini calon peserta beasiswa LPDP harus menandatangani beberapa surat yang isinya sebagai berikut:

  • Menyatakan kalau siap kembali ke tanah air saat masa studi telah berakhir.
  • Tidak dalam posisisi menerima atau sebagai calon penerima beasiswa lain.
  • Bersih dari catatan hukum atau tidak pernah tersandung urusan hukum atau kriminalitas.
  • Tidak melakukan pelanggaran pada kode etik akademik.
  • Setia kepada NKRI dan mengabdi pada negara.
  • Menyatakan bahwa mampu menaati semua syarat dan ketentuan beasiswa yang sudah ditetapkan LPDP.
  • Berjanji tidak akan membuat pengajuan pindah dari instansi atau universitas dalam negeri ke universitas luar negeri.
  • Memberikan data yang sesuai dan benar. Jika melanggar akan diproses secara hukum dan dimasukkan daftar hitam.

7 . Usia Maksimal

Calon peserta yang mendaftar usianya dibatasi maksimal 35 tahun. Saat melakukan pendaftaran program beasiswa LPDP, peserta di atas usia yang disebutkan tidak diperkenankan untuk mendaftar.

8 . IPK Minimum

Selain itu, calon peserta harus memiliki nilai akhir pada studi sebelumnya minimal 3,0 dengan melampirkan bukti yakni transkrip nilai.

9 . Dokumen Penguasaan Bahasa

Peserta juga harus melampirkan dokumen resmi yang isinya pernyataan calon peserta menguasai Bahasa Inggris. Sertifikat itu harus terbitan ETS dan masih aktif. Untuk yang mendaftar beasiswa dalam negeri ada minimal skornya. Dokumen itu berupa sertifikat IELTS, TOEFL, atau TOEIC. Skor minimalnya untuk TOEFL ITP 500 dan IBT 6. Skor minilan TOEIC 6,5. Untuk IELTS skor minimumnya 6,0. Bagi calon penerima beasiswa Magister Luar Negeri juga diminta sertifikat terbitan ETS yang masih aktif dengan minimal skor TOEFL iBT 80, IELTS6,5, TOEIC 800.

10 . Masa Studi

Bagi para calon penerima Beasiswa harus bisa menyelesaikan masa studi maksimal 2 tahun. Jika peserta dalam prakteknya  penerima beasiswa menempuh masa studi di atas 2 tahun, maka yang bersangkutan wajib meminta surat izin dari pihak LPDP dan pembiayaan beasiswa akan  ditanggung oleh pihak penerima beasiswa itu sendiri.

11 . Membuat Rencana Studi

Syarat lain yakni, peserta harus membuat rencana studi. Rencana studi itu harus sesuai dengan prodi yang ditujukan untuk perguruan tinggi yang dituju. Terakhir, peserta juga wajib membuat penyataan dengan maksimal isinya 1.000 kata. Isi dari pernyataan yang harus ditulus, menyangkut rencana penerima besiswa dalam berkontribusi baik yangyyang sedang berlangsung, akan berlangsung, dan sudah berlangsungtberlangsung untuk masyarakat.

Manfaat Beasiswa LPDP

Syarat beasiswa LPDP S1 maupun program LPDP yang lain memang terlihat banyak dan rumit. Namun sebetulnya tidak, saat dilakukan satu per satu, syarat beasiswa LPDP S1 cukup mudah dan tidak ribet. Lakukan dengan membuat to-do list, centang poin syarat beasiswa LPDP S1 yang sudah dipenuhi agar lebih mudah mengetahui step selanjutya dalam memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa LPDP. 

Biaya kuliah yang ditanggung negara tentu akan sangat membantu. Selain itu, peserta nanti akan melakukan beberapa kegiatan yang wajib diikuti, dimana kegiatan itu bisa memperluas jaringan. Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga bisa menjadi jalan untuk mengembangkan diri. Sebab ada banyak kegiatan yang menambah wawasan peserta beasiswa LPDP. 

Dengan menjadi peserta beasiswa LPDP nanti setelah selesai masa studi, mencari pekerjaan akan lebih mudah. Ini karena lulusan beasiswa LPDP selalu dinantikan perusahaan dan instansi besar untuk direkrut. Itu dia sedikit ulasan mengenai syarat untuk mendaftar sebagai peserta beasiswa LPDP. Semoga ulasan di atas bermanfaa dan membantu.  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *