Tabungan Pendidikan Anak dan Manfaat yang Diberikan

  • Whatsapp

Ada banyak sekali jenis tabungan yang hadir dan dapat memberikan manfaat kepada para nasabahnya.

Salah satunya adalah tabungan pendidikan anak, yang dinilai memberikan manfaat besar kepada nasabahnya.

Read More

Memang masih banyak masyarakat yang belum memikirkan perihal tabungan pendidikan untuk anak, padahal manfaatnya sangat banyak.

Apa Itu Tabungan Pendidikan Anak?

Sebelum masuk ke dalam manfaatnya, terlebih dahulu penting untuk mengenal produk ini. Sehingga bisa lebih mudah untuk memahami pembahasan selanjutnya.

Tabungan pendidikan sendiri merupakan tabungan dalam bentuk sejumlah uang yang nantinya disetorkan kepada pihak bank, dengan jangka waktu tertentu.

Untuk jangka waktu tabungannya sendiri biasanya ditentukan oleh pihak bank, sehingga tidak bisa diambil begitu saja. Jadi mirip seperti deposito yakni sebuah tabungan yang memiliki jangka waktu tertentu.

Barulah nanti setelah jangka waktu tercapai, tabungan baru bisa dicairkan. Bedanya hanya ini merupakan tabungan yang bertujuan untuk melindungi biaya pendidikan untuk anak.

Cara Menghitung Biaya Pendidikan yang Tepat

Sebelumnya dibahas bahwa tabungan pendidikan ini memiliki jangka waktu tertentu guna memenuhi biaya pendidikan yang diinginkan.

Hal tersebut tentu membutuhkan perhitungan yang tepat agar bisa mendapatkan nominal yang sesuai. Untuk memperhitungkan hal ini dengan tepat ada beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan, diantaranya :

  • Lama pendidikan yang ingin ditempuh. Karena jenjang pendidikan ini ada banyak, apakah hanya ingin selama 12 tahun (pendidikan wajib), ataupun ingin sampai jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  • Jenis sekolah yang ingin dituju, karena pasti ada perbedaan biaya antara sekolah swasta, negeri dan juga sekolah internasional.
  • Hal tidak terduga juga harus diperhitungkan supaya bisa mempersiapkan dana lebih. Salah satu hal yang tidak terduga adalah kemungkinan biaya pendidikan yang naik di masa mendatang.

Cara Kerja Tabungan Pendidikan Anak

Untuk mekanismenya sendiri, tabungan ini mirip seperti deposito. Dimana orang tua sebagai pihak penabung akan menyetorkan sejumlah uang kepada pihak bank setiap bulannya.

Jumlah uang yang disetorkan setiap bulannya ini akan selalu sama. Sehingga berbeda dengan tabungan yang biasanya, dimana jumlah uang yang disetorkan bisa bebas.

Pengambilannya sendiri juga tidak boleh sembarangan, karena harus sesuai dengan tempo dan jangka waktu yang sebelumnya sudah disetujui.

Untuk jumlah setoran setiap bulan, dan juga waktu jatuh tempo ini ditentukan dengan perjanjian yang sebelumnya sudah dilakukan antara orang tua dan pihak bank. Kalaupun terpaksa diambil sebelum tabungan jatuh tempo, maka nasabah bisa terkena denda.

Lama Waktu Menabung

Biasanya untuk jangka waktu tabungan pendidikan untuk anak ini di atas 2 tahun. Hal ini juga tergantung dengan jumlah keseluruhan tabungan yang ingin dibuat dan besaran setoran yang harus dipenuhi setiap bulannya.

Selain itu besaran bunga yang ingin didapatkan juga menjadi pertimbangan dari lama waktu menabung. Jadi untuk waktu menabung ini disesuaikan dengan keinginan dan juga peraturan bank.

Manfaat yang Bisa Dirasakan

Sebelumnya sudah disinggung sedikit bahwa tabungan pendidikan ini memberikan banyak sekali manfaat untuk penggunanya. Tentunya manfaat-manfaat dari tabungan ini memberikan jaminan besar bagi keberlangsungan pendidikan anak.

Sehingga pendidikan anak dapat terus berjalan lancar dengan biaya yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Adapun beberapa manfaat dari tabungan pendidikan untuk anak diantaranya :

1. Memberikan Bunga

Mungkin banyak yang tidak mengetahui kalau tabungan ini memberikan bunga yang besar kepada nasabahnya. Karena merasa bahwa ini adalah tabungan untuk pendidikan.

Padahal tabungan yang satu ini memberikan bunga yang cukup besar. Bahkan untuk standarnya sendiri saja, tabungan ini memiliki bunga enam persen (6%) untuk nasabahnya.

2. Setoran Minimumnya Rendah

Banyak yang belum membuat tabungan pendidikan untuk anak ini dengan alasan belum mempunyai penghasilan yang besar. Sehingga belum bisa menyisihkan uangnya dalam jumlah yang besar.

Padahal hal tersebut bukanlah masalah, karena setoran minimum dari tabungan ini rendah. Sudah banyak bank yang menyediakan tabungan pendidikan dengan setoran minimum Rp 100 ribu.

3. Meningkatkan Keinginan Menabung

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya bahwa uang dalam tabungan ini tidak bisa ditarik begitu saja. Kalaupun bisa nasabah akan dikenakan denda. Hal ini tentu memancing sifat disiplin dalam hal keuangan.

Karena takut ketika ingin melakukan penarikan, sebab akan terkena denda. Selain itu seseorang juga akan lebih semangat menabung supaya bisa menutup biaya keseluruhan dengan cepat.

4. Memiliki Resiko yang kecil

Bisa dibilang bahwa tabungan pendidikan ini merupakan investasi jangka panjang. Meskipun merupakan sebuah investasi, namun resiko yang diberikan oleh tabungan ini sangat kecil.

Bahkan jauh lebih kecil dibandingkan resiko dari deposito. Namun begitu keuntungan yang diberikan tidak jauh berbeda, sehingga sangat disarankan untuk mulai membuat tabungan ini.

5. Melindungi Rencana Pendidikan

Manusia tidak tahu apa yang akan terjadi pada beberapa tahun ke depan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah rencana cadangan untuk menjadi pelindung.

Tabungan pendidikan untuk anak ini termasuk ke dalam rencana cadangan tersebut. Karena tetap bisa menjadi pelindung rencana pendidikan untuk anak, apabila ada hal yang tidak diinginkan terjadi.

Baca Juga: Pentingnya Asuransi Pendidikan untuk Merencanakan Masa Depan Buah Hati

6. Ada Fasilitas Asuransi

Terakhir adanya fasilitas asuransi pada tabungan ini. Sebelumnya perlu diketahui bahwa tabungan ini berbeda dengan asuransi pendidikan.

Meskipun begitu nasabah akan tetap mendapatkan perlindungan layaknya asuransi. Jadi selain menabung, nasabah juga bisa mendapatkan fasilitas seperti layaknya membuat asuransi untuk pendidikan.

Jadi itulah tadi pembahasan lengkap seputar tabungan pendidikan anak yang tidak hanya memiliki manfaat sebagai pelindung rencana pendidikan.

Tabungan pendidikan ini lebih luas jangkauannya, dan keuntungannya lebih banyak. Meskipun begitu nasabah tidak membutuhkan uang banyak untuk bisa membuatnya. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk menunda pembuatan tabungan yang satu ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *