Jenis-Jenis Tanaman Hias Aquascape yang Dapat Mempercantik Akuarium

  • Whatsapp

Tanaman hias memang banyak dipelihara oleh sebagian orang dengan tujuan untuk mempercantik halaman atau ruangan rumah. Salah satunya adalah dengan memelihara tanaman hias Aquascape yang biasanya diletakkan di dalam aquarium. Meskipun disimpan di dalam akuarium, namun tanaman hias yang satu ini tetap mempercantik ruangan. Tujuan lainnya adalah sebagai tempat ikan untuk sembunyi.

Tanaman Hias Aquascape

Kecantikan dari tanaman hias ini dapat dilihat dari segi daun yang banyak menjalar. Meskipun memiliki banyak jenis, namun proses fotosintesis tanaman ini tidak mudah. Seseorang harus mempersiapkan dukungan karbon dioksida, pencahayaan, suhu, dan lain-lain. Namun penjelasan berikut mengenai jenis-jenis tanaman hias Aquascape yang indah dan wajib diketahui.

1. Dwarf Baby Tears

Dwarf Baby Tears memiliki nama ilmiah Hemianthus Callitrichoides dan mulai dikenal sejak tahun 2000-an. Adapun asal dari nama tanaman Aquascape ini berasal dari negara Kuba. Jenis tanaman hias ini pada umumnya dijadikan sebagai penghias untuk bagian depan akuarium. Tanaman ini memiliki daun yang kecil dan juga padat serta mempunyai tingkat pertumbuhan sedang.

Untuk proses pertumbuhan atau fotosintesis dari Dwarf Baby Tears harus mendapatkan cahaya dalam jumlah yang banyak. Selain itu, perlu juga adanya dukungan karbondioksida terlarut dan dan substrat yang kaya akan nutrisi. Jika tanaman jenis Dwarf Baby Tears sudah mendapatkan semua dukungan tersebut maka bisa mendapatkan hasil pertumbuhan yang baik.

2. Windelov

Microsorum Pteropus merupakan nama ilmiah dari tanaman Aquascape jenis Windelov. Mengenai penamaan yang diberikan untuk tanaman ini berasal dari founder Tropica Aquascape yaitu Holger Windelov. Tampilan dari tanaman ini memiliki ujung yang bercabang-cabang sehingga terlihat begitu unik. Dengan adanya cabang-cabang yang terdapat di bagian ujung menjadikannya sebagai tanaman paling cantik.

Memang sangat cantik bukan? Tanaman ini juga biasanya mampu tumbuh dengan tinggi 20 sentimeter. Begitu pula dengan lebar yang dimiliki, sama dengan tingginya. Jika seseorang mampu dalam merawat tanaman ini tentu tampilan yang dimiliki akan terlihat lebih cantik lagi. Selain itu, tanaman ini memiliki ketahanan diri yang sangat kuat jika ditempel pada batu.

3. Lilaeopsis Brasiliensis

Selanjutnya adalah tanaman hias Aquascape jenis Lilaeopsis Brasiliensis yang juga tidak kalah cantik dengan jenis Windelov. Bagaimana tidak, jenis tanaman hias yang satu ini sangat mirip dengan rumput yang ada di darat. Meskipun memiliki tampilan yang mirip dengan rumput di darat, namun Lilaeopsis Brasiliensis tetap berkembang di air. Melihat bentuknya tentu tanaman ini cocok dijadikan karpet aquarium.

Bukan hanya sebagai karpet akuarium saja namun bisa juga dijadikan sebagai foreground. Cara perawatan tanaman ini pun cukup mudah sehingga cocok dimiliki oleh pemula. Mengenai tinggi tanaman hias ini hanya bisa tumbuh setinggi 5 centimeter saja. Kelebihan lain yang dimiliki tanaman hias ini karena bisa dikombinasikan dengan jenis Aquascape yang berbeda.

4. African Water Fern

Sesuai dengan nama dari jenis tanaman hias Aquascape yang satu ini yaitu African Water Fern tentu berasal dari Afrika. Nama latin dari African Water Fern adalah Bolbitis Heudelotii. Pada awal perawatan tanaman hias sebaiknya rekatkan terlebih dahulu pada driftwood agar perawatannya menjadi lebih mudah jika mulai tumbuh. Bisa juga direkatkan pada substrat, namun hasilnya tidak begitu bagus.

Jika ingin merawat tanaman hias African Water Fern dibutuhkan kesabaran yang tinggi. Mengapa demikian? Karena proses pertumbuhan dari tanaman ini cukup lambat dibandingkan jenis tanaman lainnya. African Water Fern sangat membutuhkan pencahayaan yang sangat tinggi untuk proses pertumbuhan. Selain itu, seseorang perlu menyiapkan akuarium yang besar karena tanaman ini cukup bongsor.

5. Java Fern

Java Fern adalah jenis tanaman hias yang sangat sering dijumpai khusus di wilayah Asia Tenggara. Memiliki nama ilmiah Microsorum Pteropus, Java Fern termasuk jenis tanaman yang ideal untuk dipelihara para pemula. Mengenai cara merawat tanaman ini pun cukup mudah karena tidak memerlukan perawatan yang khusus. Dengan kata lain bahwa tanaman ini bisa tumbuh dengan bebas.

Tumbuh tanpa membutuhkan jenis substrat, pupuk, maupun tambahan CO2 yang biasa digunakan oleh tanaman lain. Selain itu, proses pertumbuhannya pun sangat cepat dan dapat menghasilkan daun yang lebat. Daun yang dimiliki tersebut memiliki kegunaan untuk menyerap nutrisi yang ada di sekitarnya. Sehingga seseorang bisa menumbuhkan tanaman ini hardscape yang berupa kayu atau batu.

6. Hornwort

Jenis tanaman yang terakhir adalah Hornwort yang juga termasuk tanaman hias akuarium yang mudah dipelihara. Bagaimana tidak, jenis tanaman yang satu ini bisa tumbuh dengan cepat dan mengambang. Selain itu, tanaman ini termasuk tanaman yang sangat kuat dan bersifat invasif jika berada di alam liar.

Oleh karena itu, ikan bisa melarikan diri untuk bersembunyi di balik daun tanaman yang lebat dan juga padat. Perlu juga diketahui bahwa tanaman Hornwort sangat sering menggugurkan daunnya agar dapat dimakan oleh beberapa ikan. Namun seseorang perlu juga membuang sisa daun yang gugur tersebut jika sudah mengambang.

Beberapa penjelasan tersebut tentu sangat menarik untuk mengetahui berbagai jenis tanaman Aquascape yang cantik. Selain cantik, perawatan dari tanaman tersebut pun tidaklah sulit. Bukan hanya sebagai tempat bersembunyi, tanaman tersebut juga ada yang dijadikan sebagai makanan dari beberapa jenis ikan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *