Macam-macam Tanaman Indoor Pembersih Oksigen yang Dapat Mempercantik Tampilan Ruangan 

  • Whatsapp
Tanaman Indoor Pembersih Oksigen

Beberapa tanaman dapat mempercantik ruangan sekaligus juga membuat ruangan tersebut lebih sehat. Dengan demikian pentingnya untuk mengetahui lebih banyak mengenai tanaman indoor pembersih oksigen. Tanaman tersebut tidak hanya untuk mempercantik ruangan tetapi juga dapat membuatnya lebih sehat Berikut ini macam-macam tanaman tersebut

1. Lidah Buaya 

Tanaman yang terkenal dengan sebutan aloe vera ini merupakan salah satu tanaman indoor pembersih oksigen. Lidah buaya dapat membuat ruangan menjadi lebih bersih dan tentunya lebih cantik. Tanaman yang memiliki daging berlendir yang tebal ini mampu menyerap udara yang kotor dan menggantinya dengan lebih bersih. 

Ide untuk menempatkan lidah buaya dalam ruangan merupakan salah satu ide yang tepat. Dengan demikian, ruangan di dalam rumah pada khususnya bisa lebih bersih dan Sehat. Tentunya akan terhindar dari berbagai jenis penyakit berat, seperti stroke, kanker, dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus. Salah satunya adalah virus penyebab flu. 

2. Lidah Mertua 

Jenis tanaman indoor pembersih oksigen lainnya adalah lidah mertua. Dengan bentuk coraknya yang menyerupai ular, lidah mertua pun seringkali disebut sebagai snake plant. Tanaman tersebut mampu membersihkan udara dari zat yang buruk seperti karbon monoksida, nikotin, benzene, dan trichloroethylene, formaldehyde, dan menggantinya dengan udara yang lebih bersih. 

Semakin banyak tanaman ini disimpan di dalam ruangan pada siang hari, semakin bagus untuk menghasilkan oksigen. Pasalnya, dari setiap 5 – 6 lembar daun tersebut mampu membersihkan ruangan hingga 100 m3. Selain sehat tanaman ini pun bisa mempercantik ruangan apabila disimpan di dalam pot dekat jendela atau sudut rumah. 

3. Palem Bambu 

Tanaman yang berasal dari Meksiko ini, merupakan salah satu tanaman indoor pembersih oksigen.  Di Indonesia sendiri banyak yang menyebutnya sebagai palem. Di samping berguna untuk membuat udara dalam ruangan menjadi lebih sehat, tanaman ini pun dapat mempercantik ruangan. Terutama untuk zat polutan seperti benzena, formalin, dan trichloroethylene bisa diserap oleh tanaman ini. 

Disamping sebagai penghias ruangan, menempatkan palem bambu ini pada sisi tembok dalam ruangan bisa menyerap zat beracun yang terkandung dalam cat tembok tersebut. Maka dari itu, menempatkan tanaman ini sebaiknya pada sisi tembok dinding ruangan agar dapat membuat ruangan menjadi lebih sehat. Oleh sebab itu, memilih tanaman ini merupakan hal yang tepat. 

4. Pakis  (Boston Ferns)

Salah satu jenis tanaman hias lainnya yang berfungsi sebagai tanaman indoor pembersih oksigen adalah Pakis. Bahkan tanaman ini telah diteliti oleh NASA dan menyebutkan pakis adalah salah satu tanaman yang mendapat peringkat 10 besar sebagai tanaman terbaik untuk membersihkan udara terbaik dan tidak terlalu mahal. 

Selain dapat membersihkan udara dalam ruangan, tanaman ini pun dapat melembabkan ruangan. Dengan demikian, bagi pemilik rumah yang memiliki kulit kering sangat disarankan untuk memilih tanaman ini di dalam rumah. Di Indonesia sendiri, tanaman ini mudah ditemukan dan banyak digunakan sebagai tanaman dekorasi untuk membuat ruangan menjadi lebih indah dan sehat. 

5. Sirih Gading 

Jenis tanaman indoor pembersih oksigen yang tidak kalah pentingnya adalah sirih gading. Tanaman merambat ini sangat cocok untuk ditempatkan di atas pot gantung untuk mempercantik ruangan. Disamping itu tentunya membuat ruangan menjadi lebih sehat dengan kemampuannya untuk menyerap berbagai polutan dengan menggantinya dengan udara yang lebih bersih. 

Daun ini berukuran lebih kecil dari jenis daun sirih pada umumnya. Corak yang terdapat pada daun ini membuat daun tersebut lebih indah untuk digunakan sebagai dekorasi tanaman hidup dalam ruangan agar lebih sehat. Namun, untuk merawat tanaman yang satu ini memerlukan perhatian khusus. Pasalnya, tanaman ini tumbuh merambat dengan cepat. Sehingga harus sering dipotong untuk menghilangkan tunasnya yang merambat. 

6. Lili Paris 

Tanaman yang berfungsi sebagai pembersih oksigen ini berbentuk daun memanjang menyerupai pedang. Disamping itu, tanaman ini pun mampu menyerap zat racun seperti zat racun yang dihasilkan oleh cat tembok maupun furniture. Zat racun yang dihasilkan oleh kedua bahan tersebut dapat merusak paru-paru. Pasalnya zat tersebut menimbulkan bau yang cukup menyengat. 

Maka dari itu, pentingnya untuk menanam lili paris dan menempatkannya dalam ruangan. Disamping dapat membuat ruangan menjadi lebih sehat, ruangan pun menjadi lebih indah karena tanaman ini berfungsi sebagai tanaman dekorasi. Udara dalam ruangan bisa menjadi lebih sehat sehat sekaligus dapat mempercantik ruangan. 

Baca juga: Sedang Berjerawat? Yuk Kenali Skincare Untuk Jerawat yang Tepat dan Aman!

7. Krisan

Bagi pecinta tanaman hias dengan nuansa merah muda, ungu dan kebiruan, sebaiknya untuk menempatkan bunga krisan dalam ruangan. Bunga yang berasal dari Jepang ini, selain dapat mempercantik ruangan juga dapat membuat ruangan menjadi lebih sehat. Tanaman ini cukup efektif untuk membersihkan oksigen. Khususnya untuk zat polutan seperti benzena dan trichloroethylene. 

Namun untuk menghadirkan bunga krisan yang indah, sebaiknya untuk menempatkan tanaman tersebut di luar ruangan terlebih dahulu hingga berbunga. Pasalnya, bunga krisan membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk menghasilkan bunga yang indah. Setelah berbunga, bunga krisan tersebut bisa dipindahkan ke dalam ruangan. 

Itulah beberapa jenis tanaman indoor pembersih oksigen yang direkomendasikan. Disamping dapat membuat ruangan menjadi lebih sehat, tanaman-tanaman tersebut bisa berfungsi untuk memperindah ruangan. Apabila menempatkan tanaman tersebut di dalam ruangan sebaiknya untuk mengeluarkannya kala sore hari hingga pagi hari, agar tanaman pun lebih terawat. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *