Perkembangan Teknologi Digital Fisika dan Perannya dalam Kehidupan

  • Whatsapp

Keberadaan teknologi saat ini tentu saja tidak pernah terlepas dari keberadaan penemuan terdahulu.

Teknologi yang saat ini sebenarnya berdasar pada satu penemuan utama yakni Personal Computer yang ditemukan pada tahun 1980.

Read More

Awalnya teknologi digital fisika yang merubah keberadaan teknologi analog ke dalam format digital yang kemudian menggiring sebuah revolusi.

Teknologi digital fisika membawa banyak sekali kemudahan dalam kehidupan kita saat ini terutama dalam segi komunikasi.

Dengan adanya teknologi ini, sebuah data ditransmisikan dalam angka-angka bilangan biner yang kemudian dikirim melalui sinyal elektronik. Adanya perangkat yang mampu menerjemahkan kode-kode tersebut merupakan keberadaan paling penting.

Apa itu Teknologi Digital Sebenarnya?

Teknologi digital bisa diartikan sebagai sebuah alat yang terkontrol secara otomatis dengan komputerisasi melalui format yang bisa dibaca oleh komputer.

Pada dasarnya kemampuan dari alat ini hanyalah hitungan cepat dari bilangan kode tertentu yang bisa digunakan untuk memproses kode digital. Di sebuah  teknologi informasi, kode tersebut sering disebut kode biner.

Contoh dari teknologi digital yang paling sering digunakan saat ini adalah keberadaan video yang sudah diganti ke dalam bentuk pixel.

Misalnya lagi ketika hendak mengirim suatu gambar, maka yang dikirim sebenarnya hanya kode biner yang kemudian diterjemahkan lagi oleh perangkat penerima. Kode dalam dunia digital merepresentasikan sebuah informasi tertentu.

Perbedaan Teknologi Digital dan Teknologi Analog

Sebelum teknologi digital fisika saat ini yang memiliki perkembangan sangat cepat, awalnya ada teknologi analog jauh sebelum itu.

Teknologi analog di sini merupakan sebuah alat sederhana yang memiliki program untuk menjalankan sebuah perintah dengan pengaturan di dalamnya. Misalnya saja pada komputer analog yang sering ada di bagian permesinan industri.

Sedangkan pada teknologi digital, program utamanya adalah mentransmisikan sebuah informasi ke dalam bilangan atau kode tertentu.

Dari kode ini kemudian sebuah informasi bisa diterjemahkan oleh komputer penerima dengan sensor yang sudah ada. Ciri lain dari teknologi digital adalah keberadaan mikroprosesor dengan pengelolaannya terhadap data.

Jika dibandingkan, teknologi analog memiliki waktu yang cukup lama untuk menerjemahkan informasi atau pun dalam pengukuran. Ketelitian di teknologi analog tergolong rendah jauh di bawah teknologi digital. Teknologi digital pun cenderung lebih cepat menerjemahkan sebuah data.

Contoh sederhana yang paling bisa membedakan kedua jenis teknologi ini adalah pada jam tangan. Pada jam tangan analog, di dalamnya tidak dibutuhkan mikroprosesor untuk pengolahan dan penyajian datanya dengan perawatan tertentu.

Kegunaan jam hanya untuk penunjuk waktu saja sedangkan pada jam digital dengan perangkat sensor suhu dan gerakan memiliki fungsi lebih kompleks.

Perkembangan Teknologi Digital

Teknologi digital fisika yang berada di hampir setiap tangan manusia saat ini memiliki perkembangannya sendiri loh.

Ada tiga fase utama dalam perkembangan dunia digital yang paling mencolok, yaitu: perkembangan komputer, lahirnya World Wide Web (WWW), dan kemunculan situs jejaring sosial.

1. Perkembangan Komputer

Dalam sebuah komputer, pengolahan data yang bisa terjadi di dalamnya menggunakan system dengan nama Pengolahan Data Elektronik (PDE).

Pengolahan data sendiri dapat diartikan sebagai perubahan bentuk sebuah informasi ke dalam bentuk yang lebih berarti dan mudah dipahami dengan menggunakan perangkat elektronik.

Awalnya, komputer elektrik pertama kali ditemukan pada tahun 1940 dengan system saat yang digunakan Aljabar Boolean.

Komputer pertama ini masih berbentuk sangat besar dan membutuhkan ruang karena perangkat kerasnya juga masih besar. Pada akhir 1980-an, komputer mulai digunakan di kehidupan masyarakat dengan bentuk yang lebih praktis dan penggunaan di rumah.

2. Lahirnya World Wide Web (WWW)

Keberadaan website yang biasa dikenakan saat ini ternyata menjadi titik terpesat perkembangan teknologi digital fisika.

Awalnya, penemuan WWW terjadi di kota Geneva, lebih tepatnya di laboratorium European Laboratory for Particle Physics (CERN). Salah seorang peneliti untuk pertama kalinya mencetuskan ide untuk membuat sistem distribusi informasi yang mudah untuk diakses.

Ide tersebut awalnya bertujuan agar seluruh dunia bisa mengakses informasi yang tidak lagi terbatas pada jarak.

Tahun 1990 ide ini baru bisa terealisasikan lewat komputer canggih NeXT buatan orang tersohor saat ini, Steve Jobs.

Berners-Lee adalah orang yang pertama mengakses perangkat penjelajahan internet dengan pembuatan beberapa laman saja saat itu. Hal itu lalu terus mengalami perkembangan.

3. Situs Jejaring Sosial

Setelah World Wide Web ditemukan, hal yang muncul selanjutnya adalah berbagai situs jejaring sosial atau social media.

Keberadaan situs ini memungkinkan penggunanya menampilkan informasi terkait dirinya seperti profil dan berteman dengan sesama user. Situs jejaring sosial ini ada di dalam dunia WWW dengan sajian informasi dan komunikasi yang lebih menarik.

Awalnya, situs jejaring sosial ini ditemukan pada tahun 1997 melalui situs-situs yang berlandaskan kepercayaan saja.

Wajar, karena saat itu memang belum ada enkripsi tertentu yang bisa mengamankan sebuah data. Situs jejaring sosial mengalami penggunaan paling tinggi pada tahun 2000-an dengan kemunculan situs seperti Facebook dan Twitter.

Baca Juga: Mengenal Pendidikan Luar Sekolah, Manfaat Serta Kelebihanya

Kelebihan Teknologi Digital

Dengan sejarah dan pengertian tersebut, mungkin menemukan kelebihan dari teknologi digital bukan lagi hal sulit.

Jika dirangkum, keuntungannya berupa keutuhan data saat transmisi sehingga informasi yang dikirimkan dan diterima berada dalam bentuk sama. Selain itu sistem komunikasi menjadi lebih fleksibel dan mudah diakses. Efisiensi biaya juga jauh lebih baik saat ini.

Penggunaan dan perkembangan teknologi digital memang banyak memberikan manfaat bagi kehidupan saat ini.

Informasi menjadi salah satu elemen paling penting dalam kehidupan manusia yang melalui teknologi digital bisa diabadikan dan dibagikan. Sangat mengagumkan bukan keberadaan teknologi digital fisika ini?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *