Pentingnya Teknologi Industri Pertanian Untuk Ketahanan Pangan Umat Manusia

  • Whatsapp

Saat ini keberadaan dunia dalam kesadaran penuh akan pentingnya pangan dan sedang bergerak dalam upaya mengakhiri kelaparan.

Meskipun pada beberapa daerah tampaknya pangan masih dapat dijangkau dengan mudah, kenyataannya kelaparan masih bisa dengan mudah ditemui.

Read More

Kedepannya, teknologi industri pertanian akan menjadi titik penting dalam pengembangan ekonomi.

Pangan sendiri adalah hak dasar bagi setiap manusia tanpa memandang latar belakang ras atau warna kulit.

Banyak usaha yang dilakukan untuk membuat pangan manusia tersedia dalam jangka panjang karena memang dunia pertanian sangat sulit ditebak.

Ada banyak usaha untuk mencapai keamanan pangan dan perkembangan teknologi industri pertanian menjadi titik awalnya.

Mengakhiri Kelaparan, Tujuan SDGs 02

Indonesia sudah menetapkan SDGs sebagai patokan kemana langkah perkembangan ke depannya.

Di dalam poin dua tujuan utamanya adalah mengakhiri kelaparan dan pencapaian terhadap ketahanan pangan.

Hal ini dibuat agar seluruh lapisan masyarakat bisa mendapat akses akan adanya pangan bernutrisi untuk memenuhi kebutuhannya.

Capaian ini ditargetkan bisa benar-benar diraih pada tahun 2030 nanti. Diharapkan dengan adanya ini, maka malnutrisi yang terjadi pada balita dan remaja serta ibu hamil bisa dihilangkan.

Tidak hanya tentang keberadaan stok pangan, agenda besar ini juga ditargetkan dalam keamanan bahan pangan. Pemerintah juga pasti berfokus pada keberlanjutan produktivitas pertanian berskala kecil.

Dari hal ini, beberapa cara yang diagendakan bisa diterapkan adalah pelestarian genetik, akses terhadap keuntungan yang adil, serta mempertahankan varietas asli.

Nah di dalamnya, investasi harus terus dikucurkan dengan kerja sama dalam tingkat regional ataupun internasional. Penelitian terhadap pertanian juga terus berkembang baik dalam penanaman atau teknologi industri pertanian.

Adanya Jurusan Teknologi Industri Pertanian

Produk pertanian dan juga usahatani sejak dulu sudah terkenal banyak sekali kelemahannya. Hasil yang didapatkan dari proses budidaya cenderung mudah rusak dan tidak bisa tahan dalam waktu yang lama.

Sedangkan dalam prosesnya, budidaya pertanian membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Hal ini tentu sangat berpotensi memberikan kekurangan pangan dan juga kelaparan.

Teknologi pertanian memegang peran penting dalam pemenuhan pangan ke depannya. Dari sini biasanya bisa diciptakan agroindustri baru dengan banyak sekali keuntungan yang didapatkan.

Hasil pertanian yang semula hanya bisa bertahan satu hingga dua minggu bisa diperpanjang menjadi lebih lama dalam bentuk produk berbeda. Pengolahan ini juga bisa terjadi lebih cepat.

Ketika hendak melakukan penanaman, biasanya pekerjaan yang harus ditanggung petani lebih berat.

Tak jarang juga biaya pengolahan lahan menjadi membengkak untuk membayar pekerja dan juga butuh waktu lebih lama. Teknologi dalam pertanian ini menjadikan usahatani bisa dibungkus sebagai industri yang memberikan keuntungan besar dengan hasil produksi menjanjikan.

Jurusan Teknologi Industri Pertanian (TIP) di Indonesia

Kehidupan manusia saat ini sudah semakin modern dan hampir semua aktivitas bergantung pada adanya teknologi. Sektor pertanian pun juga memiliki teknologinya sendiri yang membantu aktivitas manusia.

Jurusan ini tergolong ilmu terapan atau ilmu mengenai teknologi pada setting kepentingan pertanian. Nah ada beberapa hal penting tentang keberadaan jurusan ini ke depannya:

1. Mengenal Perencanaan Kegiatan Agroindustri

Saat membangun sebuah usaha baru terutama di bidang pertanian, tentu saja harus memahami sistem dan perencanaan yang baik.

Di jurusan TIP ini akan dipelajari mesin apa saja yang bisa dipakai untuk kelangsungan agroindustry juga pengembangannya. Jadi ketika membangun agroindustri nantinya tidak ada lagi kebingungan alat apa saja yang bisa membantu pekerjaan.

2. Menemukan Inovasi Rekayasa Teknologi Terbaru

Seperti yang diketahui, pertanian saat ini sudah mulai banyak menggunakan peralatan canggih yang membantu banyak aktivitas.

Misalnya saja pada proses pengolahan lahan pertanian yang saat ini dibantu dengan keberadaan traktor. Kedepannya, jurusan ini juga lah yang berperan dalam pengembangan baru dan inovasi yang kelak ditemukan.

3. Menemukan Nilai Tambah Sistem Produksi Hayati

Keberadaan TIP ini sangat membantu para produsen membuka pekerjaan baru guna memberikan nilai tambah pada hasil produksi pertanian.

Nilai tambah ini bisa seperti mengolah barang mentah menjadi bahan jadi seperti karet menjadi ban mobil. Dari teknologi yang diciptakan TIP ini semua kegiatan di dalam aktivitas industri bisa menjadi nilai tambah.

4. Rekayasa Teknologi

Padi sebelum dipasarkan sekarang perlu melewati beberapa proses hingga bisa menjadi beras yang siap dikonsumsi.

TIP berperan penting dalam hal itu untuk menyambungkan sebuah kegiatan agar bisa dilakukan dengan efisiensi lebih tinggi. Contoh lain dari rekayasa teknologi yang sebelumnya tidak ada adalah mesin penanam padi. Ke depannya bisa ditemukan banyak lainnya.

5. Menjadi yang Terdepan dalam Pembangunan Manufaktur

Ketika sudah ditemukan sebuah teknologi baru yang bisa membantu sektor pertanian, masalah selanjutnya adalah tentang perbanyakan.

Manufaktur dari perbanyakan teknologi yang ditemukan juga menjadi prospek ke depannya. Lulusan jurusan Teknologi Industri Pertanian diharapkan bisa memperbanyak teknologi itu dengan harga yang ergonomis.

Baca Juga: Tentang Pendidikan Karakter dan Mengapa Pendidikan Karakter Sangat Penting

Prospek Kerja Jurusan TIP

Selama ini pertanian dikenal sebagai salah satu jurusan yang tidak potensial bahkan cenderung diremehkan.

Padahal prospek kerja dari jurusan ini sangat melimpah mulai dari di perusahaan pangan, manufaktur industri, perkebunan, hingga di teknisi agroindustry.

Usaha yang berbasis bidang pertanian pun selamanya tidak akan pernah habis karena selamanya manusia akan membutuhkan tanaman.

Keberadaan teknologi saat ini menjauhkan kesadaran banyak orang tentang pentingnya pangan dan industri di dalamnya.

Teknologi industri pertanian ini dekat sekali dengan kehidupan mulai dari pakaian, pangan, hingga keberadaan perlengkapan kendaraan bermotor. Ketika teknologi pertanian mulai berkembang, semua hal terkait kebutuhan dasar manusia juga bisa terpenuhi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *