Pengertian Teknologi Informasi Dan Komunikasi Serta Manfaatnya

  • Whatsapp

Peran teknologi informasi dan komunikasi memang terbilang cukup penting seiring dengan berkembangnya zaman.

Fungsinya yang sangat baik untuk efisiensi dalam pembangunan pada jaringan antar media pun dinilai memberikan kemudahan bagi manusia.

Read More

Mulai dari berbagai peralatan elektronik seperti televisi, telepon hingga komputer mendominasi cara kerja manusia modern untuk menghasilkan sebuah informasi nantinya.

Bahkan tidak hanya itu, di sekolah pun juga telah membiasakan siswa untuk mengenal peralatan teknologi informasi dan komunikasi berupa komputer, LCD proyektor maupun internet.

Hal tersebut membuat anak-anak lebih melek teknologi dan tidak ketinggalan untuk melengkapi kemudahan aktivitas sehari-hari.

Lantas sebenarnya apa pengertian dan manfaatnya bagi kehidupan manusia sehari-hari? jika penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Mengenal Apa Itu Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi informasi dan komunikasi merupakan sebuah teknologi yang memiliki kegunaan untuk membantu seseorang dalam membuat, mengubah, menyimpan atau menyebarkan informasi dengan cepat.

Manfaatnya bisa terlihat dari berbagai peralatan elektronik yang ada, seperti halnya komputer, handphone, televisi dan lain sebagainya.

Jika dicontohkan dalam kehidupan sehari-hari, maka bisa dicontohkan dengan membandingkan keberadaan antara surat dan email (surat elektronik).

Zaman dulu orang akan menggunakan surat tradisional untuk mengirimkan informasi melalui kantor pos yang membutuhkan waktu beberapa hari.

Maka sekarang tergantikan dengan email yang akan terkirim dalam hitungan detik saja. Selain mempermudah kehidupan, teknologi yang ada terbilang cukup efisien  dan mengatasi segala kelambatan kinerja manusia.

Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi informasi dan komunikasi memiliki beberapa manfaat dan bisa dirasakan dalam berbagai bidang. Mulai dari bidang telekomunikasi, dunia pendidikan, dunia bisnis dan juga kesehatan. Berikut inilah ulasan lengkapnya, antara lain:

1. Bidang Telekomunikasi

Dalam bidang telekomunikasi, teknologi informasi berperan penting dalam membuat komunikasi tetap berjalan lancar kapanpun dan dimanapun.

Jika biasanya komunikasi bisa terjadi dari mulut ke mulut, maka kegunaan teknologi bisa membawanya ke level berbeda. Penggunaan smartphone saat ini tentunya akan memudahkan komunikasi jarak jauh dengan sangat mudah dan cepat.

Bahkan terdapat pula media sosial tempat bertukar pesan ke semua orang dari berbagai belahan dunia.

Dengan adanya teknologi di bidang telekomunikasi, informasi yang membutuhkan waktu lama dalam penyampaiannya menjadi lebih cepat terkirim. Tanpa perlu waktu lama dan sangat efisien, kini pesan bisa tersampaikan hanya dalam waktu hitungan detik saja loh. Sangat menarik bukan?

2. Dunia Pendidikan

Selain pada bidang telekomunikasi, penggunaan teknologi juga memberikan banyak keuntungan di dalam dunia pendidikan. Hal ini akan mempermudah proses belajar mengajar.

Jika biasanya hanya mengandalkan buku fisik, maka sekarang bisa mendapatkan referensi materi, bahan ajar hingga pembuatan tugas-tugas dari internet dengan sumber terpercaya.

Adanya e-learning juga sangat memudahkan siswa untuk menambah wawasan maupun pengetahuan yang mungkin tidak bisa ditemukan di buku.

Namun tidak hanya itu, karena kini mendaftar sekolah pun bisa dilakukan secara online tanpa harus datang ke sekolah. Pemanfaatan teknologi yang ada ini bisa menghemat waktu dan efisien. Bahkan ada pula fasilitas belajar yang berbasis online dan jarak jauh tanpa harus bertatap muka loh.

3. Dalam Dunia Bisnis

Dunia bisnis memang menjadi bidang yang sangat terbantu dengan adanya teknologi informasi. Manfaat yang diperoleh pun bisa mendatangkan banyak keuntungan yang cukup menjanjikan.

Hal ini bisa dilihat dari semakin berkembangnya bisnis online yang memanfaatkan internet. Penjualan pun semakin meningkat dan bisa meraih banyak konsumen dari berbagai daerah dengan mudah.

Bisa dibilang bisnis online di internet juga tidak memerlukan banyak modal seperti bisnis lainnya. Modal yang dibutuhkan ialah gadget dan kuota internet yang sangat bagus untuk menekan biaya operasional perusahaan.

Apalagi dengan banyaknya marketplace yang menawarkan fasilitas menguntungkan, hal ini dinilai mampu menjamin keamanan proses transaksi jual beli. Sehingga tidak akan ada penipuan online yang merugikan banyak pihak.

4. Perbankan

Jika dahulu seringkali menabung menggunakan celengan, kini setiap orang bisa menyimpan uang di bank secara cepat dan juga mudah. Selain sudah terjamin keamanannya, keuntungan menabung di bank juga cukup menjanjikan.

Penyetoran dan proses menabung pun tidak perlu datang ke kantor, pasalnya bisa secara langsung di ATM atau mesin setor. Tentunya sangat simpel dan menghemat banyak waktu bukan?

Selain itu, terdapat pula kemudahan berupa aplikasi mobile banking yang akan memanjakan penggunanya dalam bertransaksi apapun.

Mulai dari transfer uang, pembayaran tagihan, hingga transaksi lainnya bisa dilakukan dengan mudah pada aplikasi smartphone. Namun meskipun begitu, pengguna harus tetap waspada dan berhati-hati agar tidak terkena scam oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Ulasan Tentang Institut Teknologi Bandung (ITB) Dengan Berbagai Fakultas Unggulan

5. Kesehatan

Pada bidang kesehatan, adanya teknologi sangat membantu dalam segala kegiatan. Mulai dari perbaikan manajemen di rumah sakit hingga pencatatan riwayat kesehatan pasien pun bisa diarsipkan secara rapi di komputer.

Hal ini tentunya akan memudahkan untuk mengetahui rekam medis pasien, serta menentukan perawatan yang tepat. Rekam medis berbasiskan komputer ini didapatkan setelah pasien melakukan pemeriksaan pada dokter. Sehingga hasil pemeriksaan dari dokter maupun laboratorium bisa menjadi sumber data terpercaya.

Itulah ulasan mengenai teknologi informasi dan komunikasi serta manfaatnya yang wajib diketahui.

Dengan melek teknologi yang ada, maka kemudahan dalam melakukan aktivitas sehari-hari bisa sangat menguntungkan.

Bahkan keberadaan teknologi yang ada bisa dipergunakan untuk meningkatkan potensi diri yang di punya loh. Maka dari itu, gunakanlah teknologi informasi dan juga komunikasi secara bijak untuk kebaikan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *