7 Tips Mencari Kerja Fresh Graduate Yang Paling Ampuh

  • Whatsapp

Persaingan di dunia kerja terkadang memang tidaklah mudah. Terutama bagi para fresh graduate. Bukan perkara tidak layak untuk mendapatkan pekerjaan, tetapi karena biasanya kebanyakan perusahaan lebih mengutamakan calon pekerja yang berpengalaman. Tapi tak perlu khawatir, berikut ini akan dijabarkan beberapa tips mencari kerja fresh graduate. Yuk, simak penjelasannya!

Tips Mencari Kerja Fresh Graduate

1. Tidak Perlu Tergesa-Gesa

Tips pertama dalam mencari kerja terutama untuk fresh graduate adalah jangan terburu-buru. Pertimbangkan dan persiapkan segala hal yang dibutuhkan dengan baik dan teliti. Mulai dari CV, ijazah, beberapa sertifikat yang berhubungan dengan pekerjaan yang hendak dituju, hingga portofolio.

Selain itu, background perusahaan juga menjadi salah satu hal penting yang harus dicermati. Jenjang karir, gaji, dan informasi lainnya juga bisa menjadi pertimbangan matang-matang sebelum memutuskan melamar pekerjaan. Tak ada salahnya menyesuaikan kondisi perusahaan dengan pengalaman maupun pendidikan yang telah ditempuh.

Setelah mempertimbangkan banyak hal di atas, langkah selanjutnya adalah mulai membuat cv dan mengecek kembali seluruh berkas-berkas yang diperlukan. Kesalahan-kesalahan harus dihindari meskipun sangat kecil. Seperti kesalahan penulisan nama, gelar, dan lain-lain.

2. Update Berita Seputar Lowongan Pekerjaan

Jika ingin cepat mendapatkan pekerjaan, hal kedua yang harus dilakukan adalah selalu update seputar lowongan pekerjaan. Misalnya saja jika berdomisili di daerah Semarang, seorang fresh graduate bisa cek lowongan kerja semarang yang banyak tersedia di internet.

Selain mengecek via internet, lowongan pekerjaan juga dapat dilihat melalui koran. Terkadang ada beberapa perusahaan yang mencantumkan iklan lowongan pekerjaan di koran. Setiap harinya terdapat ribuan update lowongan pekerjaan. Jadi, jangan khawatir tidak kebagian informasi seputar lowongan kerja, ya.

3. Memperbaiki CV

CV merupakan salah satu elemen penting yang harus ada di dalam lampiran surat lamaran pekerjaan. Data diri, pendidikan, pengalaman, hingga prestasi dapat dicantumkan di dalam CV. Sebuah CV yang baik haruslah jelas, singkat, dan menarik.

Apabila merasa kesulitan dalam mendesain CV, cobalah mencari jasa pembuatan dan desain cv yang banyak tersebar di media sosial. Selain itu, seorang fresh graduate juga bisa memanfaatkan template cv di internet yang dapat diakses secara gratis. Mempersiapkan CV sebaik mungkin dapat meningkatkan peluang dipanggil oleh perusahaan lebih besar lagi.

4. Memperluas Jaringan

Tips mencari kerja fresh graduate selanjutnya adalah dengan memperluas jaringan. Tak perlu malu atau segan untuk bertanya kepada teman-teman seputar lowongan pekerjaan. Terkadang pekerjaan justru datang dari orang terdekat.

Selain kepada teman atau saudara, seorang fresh graduate juga dapat bertanya kepada alumni. Biasanya alumni memiliki jaringan yang lebih banyak dan lebih luas lagi. Yang terpenting, hindari sifat putus asa dan gampang menyerah dalam mencari pekerjaan, ya.

5. Memanfaatkan Website Lowongan Pekerjaan & Media Sosial

Saat ini telah banyak bermunculan website lowongan pekerjaan yang bertebaran di internet. Seorang fresh graduate dapat membuat akun Linkedin, Instagram, memanfaatkan facebook maupun telegram untuk mencari pekerjaan.

Misalnya seperti Instagram, kini telah banyak akun-akun yang membagikan informasi lowongan pekerjaan berdasarkan profesi maupun daerah. Sehingga, seorang fresh graduate bisa lebih mudah dalam mencari pekerjaan yang diinginkan.

6. Menambah Portofolio

Tak hanya CV, biasanya beberapa profesi dan perusahaan tertentu meminta portofolio calon karyawannya. Seperti misalnya ingin melamar pekerjaan dibidang desain grafis atau video editing. Tentu saja harus ada contoh karya yang dapat digunakan sebagai tolak ukur kemampuan calon karyawan tersebut.

Guna menambah portofolio, seorang fresh graduate dapat mencoba magang di beberapa perusahaan. Hal ini selain menambah pengalaman, juga dapat memberikan gambaran mengenai bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya.

7. Menunjukkan Keahlian Yang Dimiliki

Dalam sebuah CV, biasanya terdapat kolom atau bagian yang menjelaskan keahlian yang dimiliki. Tak ada salahnya untuk mencantumkan keahlian ke dalam CV. Sebab, bisa saja hal ini menjadi poin tambahan di mata HRD.

Misalnya, ingin melamar sebagai sekretaris. Tentu saja profesi yang satu ini akrab dengan Microsoft excel, Microsoft word, dan berbagai aplikasi lainnya. Cantumkan saja keahlian tersebut ke dalam CV. Atau jika memiliki keahlian dalam berbahasa asing, seorang fresh graduate dapat mencantumkan sertifikat TOEFL sebagai lampiran.

Cara ini merupakan salah satu bentuk promosi diri secara tidak langsung sebelum berhadapan dengan HRD. Jelaskan saja secara singkat. Ketika nanti mendapatkan kesempatan interview, seorang fresh graduate dapat menjelaskan lebih detail lagi.

Nah, itulah 7 tips mencari kerja fresh graduate yang dapat dicoba. Jika telah mencoba semua cara di atas, namun masih belum mendapat pekerjaan, janganlah merasa putus asa. Mungkin saja bidang yang ingin dituju kurang cocok dengan pengalaman yang dimiliki. Sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba melamar di bidang lain.

Mencari pekerjaan memang bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan kerja keras dan semangat pantang menyerah dalam menjalaninya. Teruslah berusaha dan berdoa. Semoga mendapatkan hasil yang diinginkan, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *