Kupas Tuntas Jenis dan Ukuran Ban Mobil

  • Whatsapp

Bagi para pemilik mobil tentu harus selalu siap siaga memenuhi berbagai keperluan dan kebutuhan dari mobil kesayangan.

Mulai dari kesehatan mesin, kebersihan body mobil hingga pemberian ukuran mobil yang pas dan sesuai agar kenyamanan berkendara tercapai.

Read More

Nah, masalah ban sendiri ternyata ada macam-macam ukuran ban mobil yang bisa dipilih lho, apakah sudah tahu?

Tentu saja ketika memilih ban tentu akan dihadapkan pada berbagai macam ukuran ban mobil yang ada dipasaran sehingga bisa membuat bingung.

Oleh sebab itu lewat uraian ini akan diberikan penjelasan lugas mengenai bagaimana cara mengenali kode ban mobil dan jenis ukurannya.

Nah untuk menemukan jawaban dari kendala tersebut mari segera simak uraian berikut ini bersama-sama!

Macam-macam Karakteristik  dan Jenis Ban Mobil

Sebelum jauh membahas mengenai ukuran ban mobil, maka menjadi lebih komplit lagi untuk mengetahui macam-macam jenis ban. Beserta tentu saja akan dibahas mengenai kegunaannya dalam menunjang kehidupan!

1. Ban Untuk Digunakan dalam Skala Harian

Untuk spesifikasi dari ban untuk skala harian sendiri tidak terlalu mencolok perbedaannya. Jenis ban skala harian sendiri biasanya didesain dari kompon karet yang keras untuk menjaga keawetannya. Secara visual jenis ban untuk harian sendiri tampak lebih kasar permukaannya.

2. Ban Untuk Kegiatan Mobil Touring

Selanjutnya untuk jenis ban mobil ada yang khusus untuk digunakan touring dan biasanya menggunakan karet kelas medium lho.

Dimana untuk ban untuk touring sendiri memiliki grip lebih tahan penggunaan dan tahan terhadap suhu. Ban jenis ini didesain khusus bagi jenis mobil yang sering diajak bepergian keluar daerah secara berkala.

3. Ban Khusus Perjalanan Berbagai Medan

Jika pengguna yang suka bepergian  jauh di berbagai medan, ada juga lho ban yang khusus untuk digunakan.

Dimana ban khusus perjalanan berbagai medan sendiri menggunakan kompon karet super keras. Bilamana ban jenis ini digunakan untuk jalanan berbatu, terjal, berlumpur, berair hingga aspal ekstrim akan senantiasa kuat lho.

4. Ban Untuk Kompetisi Balap

Nah untuk jenis ban selanjutnya didesain untuk pemenuhan kompetisi balap yang disusun dari kompon super lembut. Meski super lembut, karetnya memang dapat menyesuaikan suhu yang sangat tinggi dan tidak mudah pecah. Cocok untuk medan balapan seperti tanah berbatu juga aspal.

5. Ban Khusus Mobil Jenis Sport

Untuk jenis ban lainnya adalah jenis ban khusus untuk mobil sport yang biasanya memiliki karakteristik yang lebih tahan suhu. Dimana memasang ban ini sendiri nantinya akan terkoneksi langsung dengan mesin mobil dan membutuhkan kontur lebih tinggi. Jenis

Kenali Kode Ban Mobil untuk Memahami Ukurannya!

Ban merupakan salah satu alat vital yang harus tersedia di dalam mobil dan tentu memiliki serangkaian kode yang bisa diidentifikasi. Kode ini sendiri nantinya merujuk pada ukuran atau jenis dari ban yang diproduksi, bagaimana cara mengenalinya? Sebenarnya cukup mudah.

Contohnya saja misal ada sebuah kode di mobil dengan keterangan seperti berikut 210 / 70R15 95H. Berarti kode tersebut memiliki maksud bahwa angka 210 merujuk pada lebar nominal yang ada pada bagian ban dengan skala dalam milimeter.

Kemudian untuk angka 70 menunjukan keterangan rasio aspek dari tinggi ban dengan lebar bagiannya (70 menunjukan tingginya 70% dari lebarnya. Untuk keterangan R sendiri berarti menunjukan konstruksi ban adalah didukung dengan lapisan radial.

Kemudian keterangan angka 15 dimaksudkan sebagai diameter nominal yang ada untuk menerangkan besaran pelek roda sebesar 15 inch.

Terakhir,untuk keterangan 95 H merupakan simbol yang menunjukan kapasitas maksimum dari beban kecepatan aman ban untuk dijalankan. Nah untuk keterangan ini sendiri bisa disandingkan sesuai dengan kode yang ada pada ban yang akan dibeli atau dimiliki lho.

Macam-macam Ukuran Ban untuk Mobil Paling Umum yang Bisa Dipilih

Nah berikut ini adalah beberapa ukuran ban yang kiranya bisa dipilih. Apa saja?

1. Ban Mobil Ukuran Ring 12

Untuk ukuran ban mobil yang pertama dan paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah ukuran ring 12. Biasanya untuk ukuran ban ring ini sendiri dibandrol dipasaran dengan harga jual cukup bersaing yaitu bermula dari harga Rp.300.000,-.

Dimana untuk ukuran ring yang satu ini dipasaran menawarkan berbagai merk pengusungnya yang super banyak untuk dipilih sendiri.

Biasanya untuk ukuran ring 12 ini cocok untuk digunakan bagi mobil dengan jenis seperti Tata Nano, Daihatsu atau Suzuki Carry.  Dimana mobilnya sendiri biasanya banyak menempuh kebutuhan harian. Ring 12 sudah cukup untuk digunakan.

2. Ban Mobil Ukuran Ring 13

Selanjutnya bagi mobil yang memiliki jenis super compact menjadi cocok untuk memilih ban mobil ukuran ring 13. Dimana untuk ring nomor ini sendiri banyak dibandrol dengan harga Rp. 300.000,- hingga Rp.1000.000,-. Jenis merk yang ditawarkan di pasaran untuk ring 13 ini cukup banyak.

3. Ban untuk Mobil Ukuran Ring 14

Umumnya mobil sekarang banyak menggunakan ukuran ban mobil nomor ring 14 yang dibandrol dari harga Rp. 300.000,- hingga 1200.000,-an.

Merk mobil yang biasanya membutuhkan ban ring 14 adalah Sigra, Ayla, Calya, Agya, Toyota Avanza hingga MPV. Jadi bagi yang memiliki jenis mobil seperti yang disebut di atas bisa memilih jenis ring nomor 14 ini ya!

4. Ukuran Ring Ban Mobil Nomor 15

Kemudian untuk ring mobil nomor 15 sendiri biasanya banyak digunakan untuk mobil dengan ukuran lumayan jumbo.

Seperti halnya Avanza generasi pertama, Grand Livina hingga Kijang Innova yang dibandrol dengan harga mulai Rp. 500.000,- hingga Rp.1.500.000,-an.

Baca Juga: Cara Bayar Pajak Mobil Online yang Ternyata Mudah Dilakukan

5. Ukuran Ban Untuk Mobil Ring 16

Terakhir ukuran ban mobil yang paling umum digunakan adalah ban ring 16 untuk mobil Toyota Vios, Honda Jazz, CRV.

Ring ukuran ini juga cocok untuk merk Innova generasi baru dan Avanza terbaru. Dimana untuk harga ukuran ban mobil ring 16 dihargai dari Rp.750.000,- hingga Rp.1.500.000,-an.

Itulah diatas uraian tugas mengenai bagaimana membaca kode mobil yang ada dan macam-macam ukuran ban mobil yang bisa dipilih. Bagaimana?

Kini sudah tidak bingung dan ragu lagi bukan dalam melakukan pembelian ban mobil karena sudah mengetahui trik terkaitnya.

Namun pastikan ketika datang ke toko khusus mobil untuk mengkonfirmasi kembali detail ban yang diperlukan dan jangan sampai salah beli ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *