Usaha Jam Digital Masjid Menguntungkan dan Membuat Ibadah Semakin Nyaman

  • Whatsapp
Usaha Jam Digital Masjid Menguntungkan dan Membuat Ibadah Semakin Nyaman

Beribadah di masjid menghadirkan suasana syahdu yang menentramkan hati. Terlebih jika masjid tersebut dikelola dengan baik dan memberi rasa betah pada para jamaah. Sekarang ini banyak masjid menghadirkan fasilitas lengkap seperti jam digital masjid, bersih, galeri, hingga buku bacaan. Hal ini yang dapat dimanfaatkan para pelaku bisnis, contohnya menjual jam digital yang memberi kesan modern.

Manfaat Jam Digital untuk Masjid

Saat berada di dalam masjid, seringkali mata melihat ke arah jam. Wajar, mengingat umat Islam diwajibkan untuk melakukan sholat sehingga perlu memastikan waktunya. Jika dulunya memakai jam konvensional, baru-baru ini hadir inovasi berupa jam digital yang bisa memudahkan umat Muslim dalam memantau waktu peribadatan. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Menampilkan Informasi Jadwal Sholat Otomatis

Hal utama yang diperhatikan dari jam ini umumnya jadwal sholat. Jam digital menyediakan informasi yang lengkap mulai dari jam shalat lima waktu hingga imsak. Alat ini juga dibekali kecanggihan dalam menyesuaikan waktu dengan lokasi masjid tersebut berada tanpa perlu di-setting ulang.

Sebagai contoh, jam digital yang sebenarnya ada di Malang yang merupakan Indonesia wilayah barat kemudian dibawa menuju Ruteng yang sudah termasuk wilayah tengah. Secara otomatis, jam bisa terupdate tanpa perlu diubah pengaturannya.

2. Dibekali Fitur Praktis dan Hemat

Keunggulan jam digital masjid berikutnya adalah fitur alarm yang memberi peringatan saat hampir memasuki jam sholat. Dilengkapi dengan suara Iqomah, alarm ini bisa membantu pengurus masjid sehingga dapat segera menyerukan adzan yang mengajak umat Muslim untuk shalat.

Fitur yang ada pada jam digital sudah dilengkapi sistem penghematan listrik berupa on dan off otomatis. Dari tampilannya pun didesain menarik dengan adanya running text yang menunjukkan waktu shalat, imsak, maupun berbuka. Tidak perlu lagi kesulitan melihat jam analog, terutama bagi orang-orang yang memiliki masalah pada matanya.

Jam digital berukuran besar, sehingga tulisannya mudah dilihat dari jarak yang cukup jauh sekalipun. Tampilannya yang sederhana namun bagus membuat jam yang dibekali LED ini cocok diletakkan di berbagai masjid. Baik di area yang terang ataupun minim cahaya, jam ini masih bisa dilihat dengan jelas.

Tips Usaha Jam Digital Masjid

Melihat berbagai manfaat dan kepraktisan yang ditawarkan, saat ini banyak orang mencoba memulai usaha berjualan jam digital untuk digunakan di masjid. Apabila ingin mencoba berjualan jam digital, berikut tips yang perlu diketahui:

1. Mengenali Produk

Kenali spesifikasi serta fasilitas dari jam digital yang akan dijual. Ketahui juga istilah-istilah yang terdapat pada produk (contoh: Iqomah) sehingga bisa memberikan informasi yang tepat pada calon pembeli. Terdapat dua tipe dari jam digital, yaitu yang dilengkapi running text dan ada yang tanpa teks sehingga fasilitasnya merupakan jam yang disertai perbedaan dari waktu shalat saja.

2. Mengetahui Target Pasar

Saat ingin menjual jam digital, tentu sudah memahami siapa pangsa pasarnya yaitu komunitas atau pengurus masjid. Lakukan promo pada kelompok spesifik yang nantinya akan terus berkembang seiring bertambahnya konsumen. Mudah saat sudah mengetahui konsumen, selanjutnya tinggal memoles cara promosi yang tepat sesuai karakteristik konsumen.

3. Memilih Barang Berkualitas Tinggi

Agar berjualan bisa barakah, tentu wajib untuk menjual barang yang memiliki kualitas baik. Hindari melebih-lebihkan barang namun kenyataannya tidak sesuai dengan yang diucapkan. Untuk memilih barang yang bagus, pelajari lebih mendalam seputar jam masjid. Contohnya memperhatikan apakah tulisannya terlalu kecil atau besar, kondisi alarm, dan lain sebagainya.

Demikian ulasan seputar manfaat serta peluang usaha jam digital masjid. Seiring berkembangnya zaman, banyak masjid meningkatkan fasilitasnya untuk memastikan kenyamanan masyarakat dalam beribadah. Salah satunya dengan menyediakan jam digital yang untuk memantau waktu ibadah dengan praktis. Pesanan jam bisa berdatangan dari berbagai wilayah Indonesia dan menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Sumber: Bisniz.id

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *