Ketahui Usaha Ternak Modal 300 Ribu Paling Menguntungkan

  • Whatsapp
Usaha Ternak Modal 300 Ribu

Ide usaha ternak modal 300 ribu memang menjadi solusi terbaik yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan saat pandemi seperti ini. Apalagi modal merupakan hal utama yang dibutuhkan dalam membangun usaha, sehingga modal terbatas bukanlah menjadi hambatan untuk berbisnis.

Untuk usaha ternak dengan modal hanya 300 ribu ini haruslah dipertimbangkan dengan matang, baik jenis hewan yang akan dipilih maupun dalam segi perawatannya. Apabila berminat menjalankan bisnis dan meraih banyak keuntungan dari usaha ternak satu ini, maka simak beberapa idenya berikut ini:

1. Ternak Ayam Kampung

Usaha ternak modal 300 ribu pertama yang bisa dipilih adalah ternak ayam kampung. Dalam hal ini, pebisnis dapat menggunakan lahan sempit yang ada di sekitar rumah. Misalnya saja menggunakan jaring sebagai pengganti pagar. Hal ini terbilang cukup menghemat modal dan mempermudah saat memberikan pakan.

Tidak hanya itu, modal yang minim ini pun memiliki risiko yang rendah. Namun pastikan selalu mengawasi dan memberikan perawatan yang baik agar hewan ternak senantiasa sehat. Sehingga nantinya kualitas ayam sangat baik dan bisa menghasilkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Pasalnya kualitas tidak pernah bohong dan mempengaruhi daya beli masyarakat pula.  

2. Ternak Lele

Selain ayam, beternak ikan lele juga cenderung menguntungkan karena modal yang dibutuhkan sangat minim namun hasilnya menjanjikan. Apalagi rasa dagingnya yang enak dan bergizi, maka nantinya dapat dijual ke berbagai rumah makan pula. Kualitas yang diberikan akan sebanding dengan segala kerja keras yang dilakukan oleh pebisnis dalam merawatnya.

Ikan lele juga memiliki daya tahan cukup baik terhadap penyakit dan mampu bertahan hidup di dalam air dengan oksigen terbatas. Sehingga nantinya tidak perlu lahan yang luas, karena kolam terpal berukuran kecil pun bisa menampungnya. Dalam masa panen super cepat, dijamin usaha ternak modal 300 ribu ini bisa menjadi berlipat ganda hingga puluhan juta rupiah loh.

3. Ternak Jangkrik

Beternak jangkrik juga menjadi salah satu solusi usaha ternak modal 300 ribu yang dapat dicoba pada masa pandemi seperti ini. Modal yang dibutuhkan untuk memulainya terbilang cukup rendah dan berpotensi menguntungkan. Apalagi mengingat banyaknya peminat jangkrik sebagai pakan burung atau ikan, maka hal ini sangat layak dipertimbangkan.

Bisa dibilang, jangkrik merupakan makanan berkualitas bagi hewan peliharaan. Siapapun bisa menjalankan bisnis ini hanya dengan modal minim dan berbekal pengetahuan bagaimana cara perawatannya. Dijamin kualitas jangkrik sesuai keinginan pasar dan layak dijual dengan harga tinggi.

4. Ternak Burung Puyuh

Dengan sedikit lahan di dekat rumah, usaha ternak modal 300 ribu satu ini bisa dijadikan inspirasi bagi banyak orang. Apalagi mengingat kebutuhan akan telur puyuh pada saat pandemi seperti ini cukup meningkat drastis. Sehingga peluang dan keuntungan yang dihasilkan sangat menjanjikan.

Selain memiliki rasa yang enak dan bergizi, burung puyuh juga bisa diolah menjadi berbagai macam olahan kuliner nan lezat. Maka tak heran apabila peminatnya banyak dan menjadikan bisnis ini layak dipertimbangkan untuk menambah penghasilan. Apakah tertarik dan mencoba merintis usaha satu ini?

5. Ternak Udang

Bagi pengusaha yang menginginkan keuntungan besar dengan modal sedikit, sepertinya beternak udang bisa menjadi alternatif terbaik. Usaha ternak satu ini bisa dimulai hanya dengan modal 300 ribu dari memanfaatkan lahan sempit di dekat rumah dengan hanya menggunakan kolam terpal. Namun pastikan telah menemukan rekan bisnis yang tepat agar benih yang dipilih berkualitas dan dapat dipasarkan dengan baik setelah melewati proses pemanenan.

Pada saat masa panen udang datang, mencari rekan seperti badan usaha atau restoran yang membutuhkan bahan makanan ini sangat diperlukan. Gunanya agar udang dapat terdistribusikan secara baik dan mengembalikan modal secara tepat. Beberapa olahan yang laku di pasaran adalah seperti kerupuk, terasi, rempeyek dan lain sebagainya.

6. Ternak Kambing

Siapa bilang beternak kambing membutuhkan banyak modal? Padahal dengan hanya Rp 300 ribu saja, kini pebisnis dapat menghasilkan keuntungan puluhan juta dari hewan ternak satu ini loh. Caranya adalah mulailah bekerja sama dengan penjual kambing yang telah tersohor. Kemudian tawarkan bisnis dengan sistem bagi hasil.

Nantinya, hewan yang telah dirawat dan diternak secara mandiri akan dipasarkan oleh penjual kambing tersebut. Dijamin proses pemasarannya menjangkau area luas dan mendapatkan penghasilan cukup besar. Namun pastikan telah menyiapkan kandang atau area peternakan lebih dahulu agar proses beternak kambing jadi lebih lancar tanpa hambatan.

Nah itulah ulasan mengenai beberapa usaha ternak modal 300 ribu yang bisa dicoba dan dijamin menghasilkan keuntungan menjanjikan. Pastikan pula telah menyiapkan pekarangan yang sesuai dengan kebutuhan hewan ternak dan selalu berusaha agar usaha dapat berjalan lancar. Melalui keuntungan tersebut, maka nantinya bisnis pun jadi lebih berkembang dan mencapai skala besar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *