Warna Cat Ruang Tamu Menurut Feng Shui yang Bisa Bikin Hoki Terus

  • Whatsapp
Warna Cat Ruang Tamu Menurut Feng Shui

Beberapa orang mungkin ada yang percaya dan sudah menerapkan ajaran feng shui dalam kehidupannya. Salah satu penerapan ajaran feng shui adalah pada tata ruang. Di bawah ini ada sejumlah referensi warna cat ruang tamu menurut feng shui yang mampu membawa kebaikan bagi pemilik rumah.

Sekilas tentang Feng Shui untuk Ruang Tamu

Tidak ada yang salah dengan ilmu Cina ini sebab dipercaya dapat memberikan banyak dampak positif. Seperti mendapatkan keberuntungan, lolos dari penipuan, selalu bahagia, dan sebagainya

Sebagai ruang yang ada di bagian depan rumah, ruang tamu memang perlu diperhatikan dalam penataannya. Energi positif harus terbangun sejak seseorang memasuki rumah.

Ini tidak hanya berlaku bagi pemilik rumah, tetapi juga tamu supaya merasa nyaman di dalamnya. Warna cat ruang tamu menurut feng shui berikut tak hanya satu warna, tetapi juga bisa dikombinasikan dan dikreasikan.

Ide Warna Cat Ruang Tamu Menurut Feng Shui Agar Selalu Beruntung

Buat yang sudah memiliki ruang tamu tak perlu panik dan buru-buru membeli cat. Pertama, perhatikan dulu arah rumah dan kondisi sekitar, barulah bisa menentukan warna cat yang tepat menurut feng shui. Selain itu, jangan lupa menentukan tema sesuai selera. Mengikuti ajaran feng shui bukan berarti tidak bisa memberikan sentuhan personal. Jika sudah memahami semuanya, kini saatnya menyimak warna apa yang tepat:

1. Ruangan Menghadap Barat

Jika muka ruang tamu menghadap barat, maka cocoknya tembok diberi warna putih, merah, atau merah muda. Ketiga warna tersebut boleh dipilih salah satu atau dikombinasikan. Jika memilih salah satu warna dari ketiganya, boleh dicampur dengan nuansa abu-abu, emas, atau perak. Oleh sebab itu, pilih aksesoris-aksesoris berbahan logam karena itulah elemen dari bagian barat.

2. Ruangan Menghadap Timur

Menurut ilmu feng shui, arah timur adalah bagian bumi. Maka dari itu, ruang tamu sangat pas jika dicat warna biru, biru muda, hijau, atau hitam. Kalau takut merasa gelap, warna-warna tersebut bisa dikombinasikan dengan kuning atau cokelat. Mengingat elemen timur adalah bumi, maka dekorasi akan lebih sempurna dengan benda-benda berasal dari tanah, tanaman, dan elemen bumi lainnya.

3. Ruangan Menghadap Utara

Beruntunglah bagi mereka yang memiliki rumah menghadap utara karena bisa bebas berkreasi. Feng shui percaya kalau rumah menghadap utara bisa meningkatkan kreativitas penghuninya. Adapun warna-warna yang direkomendasikan adalah putih, biru, dan ungu, namun warna putih dapat menjadi pilihan terbaik karena cocok dipadukan dengan warna lain. Untuk kesan elegan, bisa mencampurkan dua warna saja, seperti biru dan ungu, atau kuning dan ungu.

4. Ruangan Menghadap Selatan

Kepercayaan feng shui mengatakan kalau elemennya bagian selatan adalah api. Maka, si pemilik rumah harus menciptakan kehangatan pada ruang tamunya dengan warna merah, merah muda, atau oranye. Warna yang selaras ini selain menimbulkan kesan hangat, muncul pula nuansa aman. Pilihan dekorasinya bisa berupa deretan lilin atau tanaman sebagai penyeimbang.

5. Ruangan Menghadap Tenggara

Ini kebalikan dari arah selatan. Arah tenggara elemennya adalah air sehingga apa pun yang ada di dalam ruang tamu harus memberikan kesan menyejukkan. Selain warna biru, si pemilik rumah bisa juga mengkombinasikan warna hitam dengan warna lain yang menunjukkan unsur kehidupan air. Pilihan dekorasinya tentu saja yang berhubungan dengan air, misalnya akuarium kecil, vas bunga berisi air, air mancur mini, dan sebagainya.

Makna Beberapa Warna Cat Ruang Tamu Menurut Feng Shui

Ternyata dengan mendalami ilmu feng shui tidak membatasi seseorang dalam berkreasi. Justru seseorang jadi tahu bagaimana memadu-padankan warna-warna yang tepat. Ada banyak warna cat ruang tamu menurut feng shui di atas. Namun apakah makna di balik warna-warna tersebut? Berikut adalah penjelasannya:

1. Merah

Beberapa orang menafsirkan warna merah sebagai api atau sesuatu yang membara. Sebenarnya di balik itu merah adalah pelengkap untuk meningkatkan cinta dan gairah. Energi yang dihasilkan warna merah bukanlah keberanian yang negatif, namun kekuatan romansa yang tetap menyala.

2. Hijau

Hijau erat hubungannya dengan tumbuhan dan elemen bumi yang melambangkan regenerasi. Maka, beberapa orang menggunakan warna hijau sebagai terapi karena dipercaya mampu menyembuhkan secara alami. Suasana ruangan pun bisa jadi lebih hidup karena kesegarannya.

3. Putih

Jika ingin melakukan pembaruan, maka gunakanlah warna putih. Segala sesuatu yang dimulai dari nol akan sangat baik apabila diiringi warna putih. Selain kesucian, putih pun melambangkan kepolosan. Oleh sebab itu, jangan sampai salah mengkombinasikan warna putih karena warna ini akan menyerap energi dari warna pasangannya.

4. Biru

Biru termasuk warna yang bisa ditempatkan di mana pun dalam dunia feng shui. Warna ini tidak hanya memberikan kedamaian, tetapi juga keberuntungan. Maka dari itu, sisipkan warna biru di mana pun agar hidup terhindar dari efek-efek negatif dan menarik energi positif untuk kesehatan serta karier.

Baca juga: Kegunaan Facial Wash, Pengertian, Manfaat dan Cara Menggunakannya

5. Coklat

Warna coklat bisa memberikan kesan elegan. Memang benar karena makna di baliknya adalah kekokohan dan kestabilan. Semakin kuat unsur cokelat dalam sebuah ruangan, maka tampilan akan semakin memukau. Jika ditempatkan pada ruangan yang tepat bisa meningkatkan kesehatan dan popularitas.

Sangat menarik memperdalam ilmu feng shui. Pemilihan warna cat ruang tamu menurut feng shui di atas hanyalah sebagian kecil dari penerapan ilmu yang menjaga keseimbangan alam ini. Satu hal yang perlu diingat bahwa keberuntungan atau hoki tidak hanya berkaitan dengan uang saja. Ada banyak keberkahan lainnya yang patut disyukuri meski terlihat kecil namun ternyata sangat berarti.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *