Syarat Beasiswa Turki yang Harus Dipenuhi Saat Mendaftar

  • Whatsapp

Syarat Beasiswa Turki

Mendapat beasiswa di luar negeri adalah sesuatu yang tentunya diinginkan banyak orang. Ada banyak negara yang memberikan fasilitas tersebut bagi mahasiswa luar negeri yang ingin melanjutkan pendidikan di berbagai jenjang. Salah satu negara tersebut adalah Turki. Syarat beasiswa Turki merupakan salah satu hal yang penting untuk diketahui.

Tidak hanya dokumen-dokumen penting, ada juga syarat-syarat lain yang harus diperhatikan sebelum melamar beasiswa di Turki. Usia, nilai akademik, dan pengalaman adalah hal-hal lain yang penting untuk dilengkapi. Semua hal ini sudah ditentukan dengan pasti. Berikut adalah syarat yang diperlukan untuk mendapat beasiswa Turki:

1. Harus Berasal dari Luar Turki dan Tidak Terdaftar di Perguruan Tinggi Turki

Persoalan kewarganegaraan adalah hal utama yang menjadi syarat mendaftar beasiswa. Bagi yang ingin berkuliah dengan beasiswa di Turki, tentunya harus berasal dari luar Turki. Asal tidak dari Turki, maka syarat poin pertama sudah terpenuhi dan bisa mendaftar. Saat poin satu sudah terpenuhi, ada kemungkinan akan diterima.

Hal penting lainnya adalah tidak terdaftar di perguruan tinggi mana pun di Turki. Meskipun dari luar Turki tapi terdaftar di satu perguruan tinggi, maka tidak bisa mendaftar lagi. Baik untuk perguruan tinggi atau program lain yang berbeda. Ketika sudah mendapat satu beasiswa, maka harus menyelesaikan dulu baru bisa daftar lagi.

2. Usia Pelamar Harus Sesuai Ketentuan

Sebelum mendaftar beasiswa di Turki, usia juga menjadi syarat utama yang harus diperhatikan. Ada tiga golongan usia untuk setiap program yang berbeda. Bagi yang ingin mendaftar program sarjana, maka usia maksimal adalah 21 tahun. Lewat dari usia tersebut, maka sudah tidak diperbolehkan untuk mendaftar.

Lalu untuk program master, usia maksimalnya adalah 30 tahun. Sedangkan usia minimal tidak ada ketentuan. Untuk program terakhir yaitu program doktor, usia 35 tahun adalah usia paling tinggi bagi pelamar. Sebelum usia itu, tentu boleh melakukan pendaftaran untuk program tersebut. Jadi masalah usia harus diperhatikan secara teliti.

3. Lengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Dokumen pribadi juga merupakan syarat beasiswa Turki yang tentunya tidak boleh dilupakan. Berkas-berkas yang biasanya harus disiapkan adalah KTP, Paspor, foto formal, dan ijazah. Jika ijazah belum keluar, maka bisa menggunakan surat keterangan lulus yang bisa digunakan untuk sementara sembari menunggu ijazah.

Selain itu, transkrip nilai juga penting untuk dilengkapi. Berkas ini bisa didapat dari sekolah atau universitas asal sebelum mendaftar beasiswa Turki. Transkrip nilai adalah kumpulan nilai selama belajar di tempat sebelumnya. Syarat ini juga penting untuk dikumpulkan agar universitas tujuan tahu perkembangan nilai selama mengenyam pendidikan.

4. Sudah Lulus dari Sekolah atau Universitas Sebelumnya

Kelulusan dari tempat pendidikan sebelumnya juga menjadi salah satu syarat. Hal ini dibuktikan dengan ijazah yang harus dilengkapi seperti dalam poin tiga di atas. Jika belum lulus, maka tidak bisa mendaftar di perguruan tinggi mana pun di Turki. Umumnya, sebelum bulan September sudah harus memiliki bukti kelulusan agar bisa mendaftar.

Jika ingin mendaftar di program sarjana, maka harus sudah lulus dari SMA atau sederajat. Sedangkan jika akan mendaftar program master, harus sudah lulus dari universitas jenjang sarjana. Lalu untuk yang akan mendaftar program doktor, haruslah sudah lulus dari jenjang master di universitas sebelumnya.

5. Memenuhi Standar Prestasi Minimum

Bagi yang ingin mendaftar, syarat beasiswa Turki juga tidak lepas dari seleksi prestasi akademik. Ada ketentuan-ketentuan tertentu yang harus dipenuhi agar lolos seleksi seperti yang diinginkan. Jenjang sarjana bisa didapat jika memiliki prestasi akademik sebesar 70% ke atas. Untuk jenjang master dan doktor, prestasi minimumnya adalah 75%.

Ada juga minimum prestasi sebesar 90% bagi pelamar tertentu. Nilai ini dikhususkan untuk yang ingin masuk ke jurusan farmasi, kedokteran, maupun kedokteran gigi. Tiga jurusan ini harus memenuhi standar prestasi akademik sebesar angka tersebut. Jika tidak, maka tidak bisa lolos dalam seleksi nilai akademik ini.

6. Memasukkan Nilai Ujian Internasional atau Nasional Serta Ujian Bahasa

Nilai ujian internasional banyak diminta jika ingin mendaftar di perguruan tinggi luar negeri. Turki juga memiliki banyak universitas yang memasukkan hal ini dalam salah satu syaratnya. Beberapa ujian yang biasanya diminta nilainya adalah ujian GMAT, YDS, GRE, DELF, atau ujian lainnya. Jika tidak memiliki, maka bisa menggunakan nilai ujian nasional.

Tes bahasa juga termasuk hal yang harus dimasukkan saat mendaftar beasiswa. Tidak semua perguruan tinggi atau program pilihan meminta semua hal ini sebagai persyaratannya. Meski demikian, nilai-nilai ini bisa dipersiapkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan mendadak pada saat proses pendaftaran.

7. Persiapkan Proposal Penelitian untuk PhD

Jika ingin mendaftar PhD, maka syarat beasiswa Turki lainnya adalah proposal hasil penelitian. Selain itu, karya tulis lainnya juga perlu dipersiapkan untuk melengkapi persyaratannya. Hal ini hanya dikhususkan untuk pendaftar PhD. Selain program itu, tidak perlu melengkapi berkas proposal atau karya tulis ini.

Itulah tujuh syarat beasiswa Turki paling utama yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Jika semua sudah dilengkapi, maka masih ada kemungkinan untuk diterima. Asal semua sudah dipersiapkan dengan matang, maka kendala berarti tentunya tidak akan ditemukan. Siapa pun bisa mendaftar asal memenuhi hal-hal tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *