COVID-19 Masih Mengancam, Ini Tips Menjaga Imunitas Tubuh

  • Whatsapp
tips menjaga imunitas tubuh

Dilansir dari Rancah Pos, bahwa walikota Tanjungpinang meninggal dunia, setelah terindikasi positif COVID-19. Hal tersebut membuktikan bahwa wabah ini masih terus mengancam banyak jiwa. Oleh sebab itu, pentingnya untuk mengetahui tips menjaga imunitas tubuh. Berikut ini beberapa tipsnya:

1. Makan Makanan Bergizi 

Tips menjaga imunitas tubuh yang pertama adalah tetap makan makanan yang bergizi. Makanan tersebut harus mengandung protein, serat dan kaya vitamin C. Oleh sebab itu, memperhatikan asupan makanan yang empat sehat lima sempurna, sangatlah penting untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Makanan yang dikonsumsi tidak boleh hanya sekedar enak dan mengenyangkan. Memperhatikan asupan makanan yang bergizi sangatlah penting. Pasalnya, makanan dapat secara alami meningkatkan imunitas. Sehingga, virus pun tidak mudah berkembang di tubuh. 

2. Minum Suplemen 

Ada banyak suplemen makanan yang dapat dibeli di pasaran. Pastikan yang mengandung vitamin C, sehingga efektif untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun, harus memperhatikan rasanya yang tidak terlalu asam, karena dapat membuat lambung terinfeksi karena rasa asam tersebut. 

Memilih suplemen vitamin yang aman, yaitu dengan mengetahui riwayat kesehatan diri sebelumnya. Sekalipun vitamin C cukup efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, jika kondisi kesehatan memiliki riwayat sakit maag, sebaiknya untuk menghindari konsumsi vitamin tersebut. Pilihlah jenis suplemen vitamin yang tidak memiliki efek samping. 

3. Berolahraga 

Menjaga tubuh bugar dan sehat dengan terus bergerak dan berolahraga dapat membuat tubuh menangkal virus yang jahat. Dengan demikian, virus tersebut tidak mudah berkembang di tubuh. Oleh sebab itu, berolahraga adalah tips menjaga imunitas tubuh yang baik untuk menangkal virus. 

Pernah mendengar istilah, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat? Jargon lama ini bukanlah hal yang sepele. Banyak orang yang merasakan manfaatnya lebih sehat karena berolahraga. Setidaknya lakukan selama 2-3 kali seminggu untuk menjaga daya tahan tubuh. 

4. Tidur 8 Jam Sehari 

Menjaga daya tahan tubuh, sebaiknya dilakukan dengan cara beristirahat yang cukup. Salah satunya adalah tidur yang dilakukan 8 jam sehari. Tidak lebih dan juga tidak kurang, karena tidur akan membuat tubuh menjadi lebih segar. Dengan demikian, virus pun tidak akan berkembang. 

Virus akan mudah berkembang apabila tubuh merasa lelah dan lemah. Oleh sebab itu, mementingkan istirahat yang cukup ini adalah hal yang utama. Namun, terlalu berlebihan waktu tidur pun tidak baik juga untuk kesehatan. Khususnya untuk orang dewasa, memperhatikan waktu tidur agar tidak lebih dari 8 jam sehari. 

Baca juga: Cara Membuat Muka Glowing Secara Alami dan Praktis

5. Menjaga Kebersihan Lingkungan 

Tips menjaga imunitas tubuh yang tidak kalah pentingnya, adalah menjaga kebersihan lingkungan. Pasalnya, virus akan mudah berkembang apabila berada pada lingkungan yang kotor. Menjaga kebersihan lingkungan ini sangatlah penting, terutama untuk lingkungan sekitar rumah dimana tempat melakukan aktivitas sehari-hari. 

Meningkatkan daya tahan tubuh harus dilakukan dari luar dan dalam. Oleh sebab itu, sebaiknya untuk selalu membersihkan rumah, halaman rumah dari berbagai kemungkinan tempat terjadi virus tersebut berkembang. Misalnya, tidak menumpuk sampah basah yang dapat menjadi sarang virus berkembang biak. 

Itulah beberapa tips untuk tetap jaga imunitas tubuh di tengah pandemi virus Corona berlangsung. Tidak bisa dipungkiri, virus ini semakin merajalela bahkan beberapa kota di Indonesia telah masuk ke dalam daftar zona hitam, yang artinya memiliki tingkat kematian yang cukup tinggi. 

Tips menjaga imunitas tubuh tersebut sebaiknya untuk dilaksanakan, agar tubuh menjadi lebih sehat. Dan yang paling penting, adalah dapat menangkal virus tersebut agar tidak dapat berkembang biak. Satu satunya cara agar virus tidak mudah menyerang adalah dengan memperkuat pertahanan tubuh. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *