Bansos PKL Agustus Cair Hari Ini! Cek Nama Anda Sekarang

Advertisements
Bansos PKL Agustus Cair Hari Ini! Cek Nama Anda Sekarang

Pemerintah kembali memberikan bantuan sosial (bansos) secara tunai kepada para PKL (Pedagang Kaki Lima) dan pemilik usaha kecil. Bagi penerima bansos, pasti sudah sangat menantikan bansos PKL Agustus kapan cair, bukan?

Bansos tunai untuk PKL dan para pelaku usaha mikro memang rencananya akan kembali cair pada tahun 2022 ini. Untuk mengetahui jadwal cair bansos PKL dan pelaku usaha mikro, berikut ulasan selengkapnya.

Mengenal Bantuan Sosial Tunai untuk PKL dan Usaha Mikro

Mengenal Bantuan Sosial Tunai untuk PKL dan Usaha Mikro

Selama masa pandemi covid-19, pemerintah gencar memberikan bantuan kepada para pelaku usaha mikro atau UMKM yang terdampak pandemi. Salah satu bantuan sosial yang diberikan untuk pelaku usaha mikro dan PKL yaitu BTPKLW. 

Bantuan sosial ini diberikan kepada 1 juta pelaku usaha dengan besaran nominal Rp600.000 per orang untuk kuartal pertama. Bansos tunai ini ditargetkan untuk Pedagang Kaki Lima (PKL), pemilik warung kecil, dan nelayan yang mengalami penurunan pendapatan akibat pandemi covid-19. 

Hingga tahun 2022, jumlah penerima bansos PKL dan warung ini sudah mencapai 2,76 juta jiwa dengan rincian target 1 juta untuk PKL dan warung, serta 1,76 juta untuk nelayan.

Program bansos tunai ini merupakan bentuk upaya pemerintah dalam menangani kemiskinan ekstrem yang terjadi di Indonesia sejak masa pandemi. Selain bansos untuk PKL, pemilik warung, dan nelayan, pemerintah juga memberikan beberapa bansos lainnya yaitu:

  • PKH (Program Keluarga Harapan)
  • Kartu Sembako
  • Kartu Prakerja
  • BLT Desa
  • Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan
  • Bantuan Sosial Tunai (BST)
  • Cadangan Perluasan
  • Bantuan kuota internet selama 6 bulan untuk 38,1 juta siswa dan tenaga pendidik dengan anggaran mencapai 8,1 triliun
  • Cadangan Perlinmas
  • BLT Gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Bansos PKL Agustus Kapan Cair?

Bansos PKL Agustus Kapan Cair

Bantuan sosial PKL, usaha mikro, dan nelayan rencananya akan segera disalurkan dalam waktu dekat. Kepastian mengenai jadwal cair bansos untuk PKL ini kembali disampaikan oleh Airlangga Hartarto, selaku Ketua Komite Penanganan Covid-19 pada Senin, 2 Agustus 2021.

Lantas, bansos PKL Agustus kapan cair? Dalam konferensi pers virtual yang diadakan pada Rabu, 21 Juli 2021, dana bansos untuk PKL dan UMKM memang belum disinggung kembali kapan akan dicairkan.

Jumlah dana bansos yang akan dicairkan ini sebesar Rp1.200.00 per orang dengan target penerima sebanyak 1 juta pelaku usaha kategori PKL dan warung, serta 1,76 juta nelayan yang terkena dampak pandemi covid-19.

Jenis-jenis Bantuan Sosial di Indonesia

Berdasarkan pernyataan dari Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, ada setidaknya 8 bantuan sosial yang akan dicairkan pada bulan Juni ini. Berikut ini jenis-jenis bantuan sosial yang akan segera cair.

1. BLT UMKM

BLT UMKM

BLT UMKM dengan nominal Rp600.000 akan dicairkan pada bulan ini. Pencairan dana bansos ini rencananya akan disalurkan untuk 12,8 juta pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Proses pencairan BLT 2022 ini rencananya dilakukan setelah lebaran menunggu anggaran Kementerian Keuangan.

2. PKH

PKH

PKH (Program Keluarga Harapan) merupakan bantuan sosial yang menjadikan keluarga-keluarga prasejahtera sebagai target sasarannya. Salah satu sasaran target penerima dana bansos satu ini adalah ibu hamil.

Dilansir dari website resmi kemensos.go.id, ibu hamil akan mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah senilai Rp3.000.000 per orang. Dana bantuan sosial ini akan disalurkan melalui bank BUMN seperti BRI, BTN, BNI, atau Bank Mandiri.

Penyaluran bansos PKH ini rencananya akan dilakukan pada bulan April hingga Juni 2022 bersamaan dengan bantuan sosial lainnya yaitu BLT minyak goreng dan sembako.

3. BT-PKLW

BT-PKLW

Dilansir dari website resmi covid19.go.id, bantuan tunai pangan untuk PKL dan warung ini akan diberikan kepada 2,5 juta PKLW dengan nominal Rp300.000 per orang. Lalu, kira-kira bansos PKL Agustus kapan cair? Bantuan satu ini akan disalurkan oleh TNI/Polri mulai bulan April 2022.

4. Bantuan Modal Usaha

Bantuan Modal Usaha

Bantuan modal usaha merupakan bantuan sosial yang diberikan Presiden Indonesia kepada para pedagang dengan nominal Rp1.200.000 per orang. Bantuan ini sengaja diberikan kepada para pedagang yang terdampak pandemi covid-19 sebagai tambahan modal usaha.

5. BSU

BSU bansos pkl agustus

BSU (Bantuan Subsidi Upah) atau BLT gaji dengan nominal Rp1.000.000 ini akan diberikan kepada 8,8 juta pekerja dengan penghasilan di bawah 3,5 juta per bulan. BSU 2022 kapan cair memang belum ada kepastian, namun rencananya akan dilakukan secepatnya pada bulan ini.

6. Kartu Prakerja

Kartu Prakerja

Kartu Prakerja merupakan program pemerintah untuk mengembangkan kompetensi kerja yang ditujukan untuk para pencari kerja, pekerja, atau buruh yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) atau sedang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Kartu Prakerja untuk gelombang 31 ini secara resmi dibuka pada tanggal 29 Mei 2022 yang diumumkan melalui akun Instagram resmi Prakerja @prakerja.go.id. Hingga tahun 2022, anggaran untuk program ini sudah mencapai 11 triliun.

7. BLT Dana Desa

BLT Dana Desa bansos pkl agustus

BLT Dana Desa juga rencananya akan dicairkan pada bulan ini. Sesuai ketentuan PMK 90 2021, dana bansos ini dipatok dengan persentase minimal 40% dari total anggaran Dana Desa. Besaran dana bansos ini yaitu Rp300.000 per bulan selama 1 tahun (12 bulan).

Kelompok Penerima Manfaat (KPM) dari dana bansos ini rencananya juga akan diperluas. Tidak hanya menyasar pada masyarakat prasejahtera saja, namun para petani yang terkena imbas pandemi dan para karyawan yang terkena PHK.

8. BLT Minyak Goreng

BLT Minyak Goreng bansos pkl agustus

Pemerintah Indonesia juga telah mengumumkan bahwa mereka akan memberikan bantuan berupa minyak goreng senilai Rp300.000 per orang. Pemberian BLT ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat di tengah harga minyak goreng yang melambung.

Menurut penuturan dari Kemensos RI, penyaluran dana bansos minyak goreng ini akan dilakukan pada bulan April 2022 yang dilakukan melalui PT Pos Indonesia.

Kriteria dan Cara Daftar Bansos PKL 2022

Kriteria dan Cara Daftar Bansos PKL 2022

Dilansir dari Kompas.com, bantuan sosial untuk Pedagang Kaki Lima (PKL), warung, dan nelayan akan disalurkan kepada 12 juta penerima dengan nominal Rp600.000. Berikut ini kriteria dan persyaratan yang dibutuhkan untuk penerima bansos PKL beserta cara daftarnya.

1. Kriteria atau Persyaratan Bansos PKL

  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan e-KTP.
  • Memiliki usaha mikro dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BLT UMKM beserta lampirannya dari pengusul bansos.
  • Bukan merupakan ASN (Aparatur Sipil Negara), anggota TNI atau Polri, dan pegawai BUMN/BUMD.
  • Tidak sedang menerima KUR atau pembiayaan dari lembaga perbankan.
  • Bagi pelaku UMKM yang domisili usahanya berbeda dengan domisili yang tertera pada KTP dapat mencantumkan lampiran SKU (Surat Keterangan Usaha).

2. Cara Daftar

Selain memenuhi kriteria di atas, calon penerima bansos juga wajib melampirkan beberapa dokumen pendukung seperti NIK, nomor KK, nama lengkap, alamat tempat tinggal sesuai yang tertera pada KTP, bidang usaha yang dijalankan, dan nomor telepon.

Dari ulasan di atas, Anda akan mendapatkan gambaran kira-kira bansos PKL Agustus kapan cair, bukan? Dengan mengetahui jadwal pencairan dana bansos, para penerima bansos tentunya tidak perlu khawatir lagi dan bisa segera menggunakannya untuk modal usaha atau keperluan lainnya.

Baca Juga: Jadwal Pencairan BPNT Agustus 2022, Syarat, & Cara Mencairkannya